Senin, 01 Desember 2014

Sumpah Pemuda Dalam Al-Quran




(Ar-Rūm):22 - Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.

1] langit dan bumi, adalah bahasa dari adanya suatu bangsa. Langit = atas = pemimpin, bumi = bawah = rakyat. Adanya pemimpin dan rakyat menunjukan adanya suatu bangsa yang bersatu "bangsa indonesia".

2] berlainan bahasamu, adalah menunjukan di dalam kelompok di langit dan bumi tersebut terdapat kekayaan bahasa yang berbeda2. Sehingga munculah keinginan untuk mempersatukan bahasa yang berbeda2 itu menjadi "bahasa indonesia"

3]. Berlainan warna kulitmu, adalah menunjukan di dalam langit dan bumi itu terdapat banyak suku, ras, golongan yang di bahasakan dengan perbedaan warna kulit. Untuk menyatukan warna yang berbeda itu, agar warna yang berlainan itu bisa menjadi indah bak pelangi maka tercetuslah tanah air yang satu "tanah air indonesia".Tidak ada lagi kunin, hijau, merah, dsb melainkan pelangi. (Tidak ada lagi aceh, jawa, papua, dsb melainkan tanah air)

Jadi apa esensi sumpah pemuda. adalah cara kerja TuHan dalam KUN FAYAKUN untuk menciptakan suatu kelompok manusia yang di berkhati harus melalui sumpah (janji). Hanya dengan janji, janji, dan janji kepada TuHan kekufuran bangsa ini dapat terampuni.

Satu lagi jangan meremehkan yang muda-muda. Karena sumpah (janji) itu di motori oleh pemuda.

(Ar-Ra`d):20 - (yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian,
AYO BERJANJI DAN BERSUMPAH KEPADA TUhAN. Semua rosul dan umatnya pun berjanji, kalau sampeyan belum berjanji, sampayen umat e sopo e cak???

(Al-'Aĥzāb):7 - Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.


NUSANTARA BERGERAK
gambar : google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar